08 April 2023

Dalil-Dalil Tentang Puasa



Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim pada bulan Ramadan. Ada banyak dalil yang menjadi dasar pelaksanaan puasa dalam agama Islam. Berikut adalah beberapa dalil puasa yang dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan ibadah puasa:

  1. Surat Al-Baqarah ayat 183-184 "Ya Ayyuhal-Ladzina Amanu Kutiba 'Alaykumus Siyamu Kamaa Kutiba 'Alal-Ladzina Min Qablikum La'allakum Tattaquun" yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

  2. Surat Al-Baqarah ayat 185 "Syahru Ramadzan Alladzi Unzila Fihil Qur'an Hudan Linnaasi Wa Bayyinaatin Minal Hudaa Wal Furqaan" yang artinya "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)".

  3. Hadits Bukhari-Muslim Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu".

  4. Hadits Bukhari-Muslim Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad bersabda, "Barangsiapa yang berbuka puasa orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang sama tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa".

  5. Hadits Bukhari-Muslim Dari Abdullah bin Umar, Nabi Muhammad bersabda, "Islam itu dibangun di atas lima perkara, yaitu persaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan haji ke Baitullah".

Dari beberapa dalil puasa di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa puasa merupakan ibadah yang diwajibkan oleh Allah untuk meningkatkan ketaqwaan dan mendapatkan pahala. Selain itu, puasa juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dipenuhi oleh umat Muslim.

Dalam melaksanakan ibadah puasa, sebaiknya diikuti dengan penuh kesadaran dan ketulusan hati. Selain menahan diri dari makan dan minum, puasa juga mengajarkan untuk menahan diri dari perilaku negatif seperti berbohong, bergunjing, dan marah-marah. Dengan demikian, selain mendapatkan pahala, puasa juga memberikan manfaat kesehatan dan moral bagi umat Muslim.

Demikianlah artikel tentang dalil-dalil puasa dalam agama Islam. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesadaran dan ketulusan hati.

Kalkulator Konversi Angka Jitu